Sunday 4 October 2015

Gunung Slamet Jawa Tengah

Gunung slamet yang terletak di jawa tengah ini merupakan salah satu gunung tertinggi dipulau jawa, diamana gunung ini menepati posisi ke dua gunung tertinggi di pulau jawa setelah gunung semeru. gunung ini mempunyai ketinggian 3.432 mdpl , pada bagian ujung gunung berbentuk kerucut. gunung slamet ini di apit oleh 5 kabupaten diantarnya Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang. Pada kaupaten banyumas pada kaki gunung slamet terdapat objek wisata yaitu baturaden yang cukup dikenal banyak orang. Gunung slamet ini juga dikenal banyak orang mempunyai jalur pendakian yang cukup sulit.

Gunung Slamet Jawa Tengah

Proses Terbentuknya Gunung Slamet Jawa Tengah

Sebagai salah satu gunung berapi yang berada di pulau jawa proses terbentuknya gunung ini di akibatkan subduksi oleh dua lempengan yaitu lempengan Indo-Australia pada Lempeng Eurasia yang berada di selatan pulau jawa. Dari hasil dua lempengan ini membentuk retakan, dimana retakan ini menghasilkan jalur lava yang dimana muncul ke permukaan dan membentuk gunung berapi ini. Gunung api yang masih aktiv ini selalu melakukan proses erupsi sekala kecil, dimana proses ini mengeluarkan lava pijar yang teradi pada tahun 2009 lalu pada bulan mei sampai juni. Namun gunung ini tercatat terakhir meletus pada tahun 1999. 

Gunung slamet yang mempunyai kawasan hutan yang cukup luas yaitu Hutan Montane, Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous (Hutan Gunung), dan Hutan Dipterokarp Atas. Hutan hutan ini menjadi pondasi dari gunung slamet yang mempunyai keasrian dari setiap hutan yang ada.

Gunung Slamet Jawa Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment