Friday 2 October 2015

Proses Terjadinya Gunung Meletus

Proses terjadinya gunung meletus adalah sebuah proses terjadinya tekanan magma yang ada di dalam perut bumi yang di dorong kuat oleh tekanan keluar, jadi menyebabkan meletusnya gunung berapi. proses ini tentunya akan memberikan efek atau dampak yaitu terjadinya keluar bahan bahan material abu dan batu menyembur keluar dari dalam bumi yang di akibatkan oleh tekanan magma tersebut. Biasanya penyemburan ini mencapai 18 km bahkan lebih dari itu. Sedangan lava yang di akibtkan letusan gunung berapi ini bisa mencapai lebih dari 90 km.

Proses Terjadinya Gunung Meletus

6 Hasil Proses Terjadinya Gunung Meletus

Akibat dari Proses Terjadinya Gunung Meletus ini tentu memberikan hasil dari proses ini, hasilnya bahan material, dampak tidak secara langsung dan secara langsung . tentu akibat hal ini akan memberikan dampak negative bagi banyak orang, untuk itu kita harus tahu dahulu hasil yang di sebabkan gunung meletus agar ketika kita sudah tahu, kita dapat meminimalisir korban dari proses ini . berikut 6 hasil : 

1. Gas vulkanik 

Hasil dari terjadinya gunung meletus juga memerikan hasil yang negative, mengeluarkan gas yang beracun diantaranya carbon monoksida (CO), Carbondioksida(Co2), Hidrogen Sulfida (H2S), sulfurdioksida(SO2) dan nitrogen (NO2) yang membahayakan manusia. 

2. Lava dan aliran pasir serta batu panas 

Lava atau lahar ini merupakan hasil dari magma yang keluar. Bahan material yang sangat panas mamu membakar secara langsung. Lava encer mampu menempuh jarak yang jauh karena mengikuti aliran sungai di sekitar gunung. 

3. Awan panas (Piroklastik) 

Awan panas ini adalah hasil dari letusan gunung berapi setelah gunung api meletus, awan panas ini yang biasanya di Indonesia di sebut wedus gembel ini mempunyai karateristik mengandung material kecil yang panas dan kecepatan tempuh mencapai 90 km/jam tentu sangat cepat bukan. Ketika awan panas ini menyentuh kulit akan menyebabkan luka bakar karena sangat panas tentunya. 

4. Abu letusan 

Abu letusan gunung berapi ini hasil dari letusan halus yang berbentuk sangat halus, dampak dari abu letusan akan membawanya sangat jauh sampai ke pulau laun tergantung arah mata angin yang membawa abu ini. 

5. Tanah longsor 

6. Gempa bumi 

Proses terjadinya gunung meletus ini tentunya memberikan sebuah gambaran, bahayanya akan sebuah gunung berapi ketika meletus, ini menjadi tolak ukur kita untuk tahu lebih dini ketika akan terjadi.

Proses Terjadinya Gunung Meletus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment